Catatan Kenangan Beny Uleander

Memajukan Jurnalis Indonesia

Posted on: Selasa, 27 Mei, 2008

PJI Bali Dikukuhkan

Oleh: Heni Kurniawati

Usianya memang baru tiga tahun. Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) lahir pada 15 Januari 2005. Berkembang di 26 provinsi termasuk Bali. Pelantikan pengurus daerah PJI Bali bertepatan dengan Wokshop Perbankan untuk Jurnalis di Hotel Nikki, Denpasar, Bali (29-30/3).

Kepengurusan PJI Bali dilantik oleh Ketua PJI Pusat Ismet Hasan Putro. General Manajer HU Radar Bali, Justin Maurits Herman duduk sebagai ketua, Albert Kin Ose Moruk pemimpin redaksi Koran Pak Oles dan Tabloid Otomotif Montorku menjabat wakil ketua. Sekretaris dipercayakan kepada Putu Suyatra (Radar Bali) dan Beny Uleander (Koran Pak Oles). Sedangkan bendahara di pundak Putu Desak Dewi.

Meski terbilang baru sebagai organisasi pers di tanah air tetapi sepak terjangnya dalam meningkatkan kreatifitas dan kredibilitas serta kompetensi jurnalis Indonesia patut diacungi jempol. PJI berorientasi membuka kesadaran jurnalis untuk menempa diri menjadikan pekerja pers sebagai pekerja profesionalisme. Selain pelatihan di bidang pers, juga anggota dibekali dengan kesadaran manajemen dan finansial.

“PJI terbentuk karena berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi, kredibilitas, kualitas wartawan pada umumya dan khususnya anggota. Melalui pelatihan–pelatihan perbankan, ekonomi dan bisnis menjadi salah satu misi PJI memajukan jurnalis Indonesia. Harapan agar jurnalis tidak hanya copy paste data mentah dari narasumber sebagai bahan tulisan tetapi agar jurnalis mengelola dan mengembangkan data lapangan ke dalam berita,” tegas Ismed Hasan Putro.

Terkait kegiatan workshop perbankan pertama di Bali, menurut Ismed Hasan Putro, merupakan ajang strategis meningkatkan ilmu wartawan agar dalam penulisan berita ekonomi dan memiliki banyak referensi. “Melalui workshop pertama di Bali ini, saya berharap jurnalis lebih profesional dan berkompeten. Sebab PJI merupakan rumah bagi jurnalis untuk kompetensi dan kesejahteraan anggotanya dengan mengajarkan untuk berwirausaha. Selain itu agar jurnalis memiliki semangat menambah wawasan dan meningkatkan ilmu agar tidak macet. Khususnya berita ekonomi yang hampir sebagian wartawan tidak menyukai,” katanya.

Workshop akan terus digulirkan 6 bulan ke depan demi kemajuan wartawan Indonesia dan Bali khususnya. Berbagai pembicara berkompeten di bidangnya pun berbagi ilmu. Pembicara dalam workshop perdana ini di antaranya Dr. Imam Sugema yang berbicara tentang kebijakan stabilitas harga sebagai penggerak sector riil di daerah, untuk kode etik jurnalis menghadirkan Drs. S Leo Batubara Wakil Ketua Dewan Pers, Dr. Rofikoh Rokhim,Ph.D seorang ekonom Bisnis Indonesia berbicara mengenai mencari angle dalam penulisan berita ekonomi dan keuangan. Cahya Gunawan, asisten redaktur ekonomi HU Kompas berbagi ilmu tentang teknik penulisan berita ekonomi dan keuangan berdasarkan pengalaman dan pergulatannya di HU Kompas. ”PJI memang ingin membuka wawasan tentang menariknya berita ekonomi bisnis dan inflasi bank. Selama ini berita ekonomi kerap dianggap tidak menarik oleh wartawan,” jelasnya.

Dr. Rofikoh Rokhim,Ph.D menambahkan tentang menariknya berita ekonomi bisnis. Banyak hal dapat diangkat dari berita ekonomi untuk membantu dan memberi pencerahan masyarakat tentang perekonomian. Penulisan berita ekonomi kerap dianggap sulit oleh hampir setiap jurnalis, karena data yang diterima wartawan berupa angka dan istilah ekonomi berbahasa asing. “Wartawan kurang berminat di sektor berita ekonomi. Banyak wartawan yang takut menulis berita ini karena istilah asing dan angka. Kuncinya, jangan tertipu istilah asing yang sering digunakan para petinggi ekonomi kita. Selain itu, agar menarik berita yang diperoleh dari pusat harus diaplikasikan dengan kondisi lokal dan topik harus mempengaruhi banyak orang atau efek satu kebijakan berimbas pada masyarakat luas disertai solusinya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mei 2008
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 68,180 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: