Catatan Kenangan Beny Uleander

Pariwisata Bali Perlu Visi Baru Untuk Menarik Wisatawan

Posted on: Selasa, 1 April, 2008

Minggu, 30 Maret 2008 18:45

Kapanlagi.com – Sektor pariwisata Bali yang kini mulai jenuh memerlukan visi baru untuk dapat menciptakan rasa aman, nyaman dan indah bagi wisatawan.
Direktur Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA), Dr Ir I Gede Ngurah Wididana, M.Agr di Denpasar, Minggu, mengatakan, untuk mampu mendatangkan wisatawan pasca-tragedi bom Bali tahun 2002 dan 2005 harus memiliki terobosan melalui visi baru, yakni rasa aman dan keindahan tetap terjaga.
“Bila komponen tersebut tidak bisa terciptakan, jangan bermimpi Pulau Dewata akan mampu mendatangkan wisatawan mancanegara seperti yang kita harapkan,” kata Wididana akrab disapa Pak Oles Alam ‘workshop perbankan untuk jurnalis’, yang digelar Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Bali.
Dia menilai telah banyak perubahan yang dihadapi masyarakat Bali. Misalnya kalah dipersaingan lokal, gaya hidup yang mulai serba instan termasuk kebutuhan hidup yang konsumtif.
Belum lagi perubahan lingkungan, seperti banjir dan kekurangan air bersih. Karena daerah resapan dibagian hulu telah banyak terjadi alih fungsi lahan.
Masalah lingkungan akan menjadi ancaman serius bagi masyarakat Bali, sebab akan berdampak pula terhadap sektor pariwisata yang selama ini ditawarkan kepada para turis,” katanya.
Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah dan masyarakat Bali harus memiliki sikap yang tegas untuk pengamanan lahan-lahan di daerah hulu. Itu merupakan salah satu bentuk untuk menjaga Bali.
Selain itu, Pak Oles juga menawarkan konsep membangun Bali sebagai “company brand”, sedangkan Denpasar dan kabupaten lainnya sebagai “product brand”.
“Pencitraan Denpasar juga sangat diperlukan karena kota yang memiliki motto berwawasan budaya itu merupakan ibukota Propinsi Bali yang menjadi barometer kota wisata yang memiliki ciri budaya, tenang, indah, aman, nyaman dan sejahtera,” katanya. (*/bun)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 68,180 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: