Catatan Kenangan Beny Uleander

Hotrod Penyandang The Best Modified

Posted on: Kamis, 17 Januari, 2008

VW Beetle 1957, Bandung
FILOSOFI sederhana, rupanya sudah merasuk dalam kehidupan pria asal Bandung, Jawa Barat ini. Sampai-sampai untuk modifikasi mobilnya, dibuat dengan tampilan sederhana. Maksud loh? ‘‘Kelihatan nggak ribet gitu deh. Pokoknya tampil yang sederhana,’’ ujar Michael Lesmana.
Yups, bener saja. Saking sederhananya, mobil asal Jerman geberan tahun 1957 ditelanjangi habis. VW Beetle atau popular disebut VW kodok itu pun dipotong sana-sini. Gilanya, bodi depan ditambah beberapa inchi hingga roda lebih maju ke depan. Mobil berdarah sederhana ini merupakan implementasi style modifikasi Hotrod yang melegenda di Amerika Serikat. Wajar, bila potongan bodi dilakukan di sana-sini. Mobil terlihat kedodoran dan merayap. ‘’Bodi hanya di-custom open wheeler, dicrop (dipapas) 15 cm. Spartboard bodi dilepas lalu dibikin naked (telanjang). Ya, biar terlihat sederhana,” ujar pria berkacamata ini.

Untuk mempertegas aura Hotrod, kap mesin dan bodi samping depan dikelir coklat. Lalu setiap bagian tertera lukisan Pin Stripe. Untuk seni lukisan tangan ini, Michael menyerahkan ke seniman asal Bali. Untuk dapur pacu, lebih diandalkan mesin super charger VW 110cc dengan tabung penyembur sisa-sisa pembakaran yang orsi. Untuk lini bawah, demi mendongkrak tampilan, sahabat dekat salah satu personil group band Superman Is Dead (SID) ini aplikasikan kaki-kaki mobil lawas Ford tahun 1932 (depan) dan Ford tahun 1934 (belakang). Dalam kabin, jog belakang dihilangkan dan yang tersisa dibiarkan telanjang. Setiap panel instrumen dibiarkan seperti aslinya.
Mobil yang terbilang sederhana itu, sebut Michael, sudah menelan biaya Rp 180 juta. Masih jauh dengan prestasi yang diraih dalam pelbagai kontes modifikasi mobil. Belum lama ini, VW Hotrod yang dibangun selama setahun oleh para mekanik rumah modifikasi Auto Classic di Jl Terusan Junjunan Bandung ini dinobatkan sebagai The Best Modified pada helatan Jamnas VW III di Museum Satria Mandala, Jakarta. (DEDI/dedi_montorku@yahoo.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Blog Stats

  • 68,260 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: