Catatan Kenangan Beny Uleander

Bukit Sandeh Milik Pan Sringin

Posted on: Senin, 7 Januari, 2008

Perguliran waktu adalah parade sejarah kehidupan dengan penggalan episode seputar kisah kehidupan, ihwal awal sebuah perkampungan dan riwayat sebuah tempat. Nama asli Bukit Hexon adalah Bukit Sandeh, sebuah bukit hijau di ketinggian 1320 meter dari permukaan laut (dpl), 60 km dari Denpasar atau dapat ditempuh dengan kendaraan 1 jam, 15 menit dari Kota Denpasar. Keindahan Bukit Sandeh terkurung di antara air terjun Yeh Mampeh, 3 km di sebelah timur yang belum dikembangkan dan Pura Puncak Mangu di sebelah selatan.

Bagaikan dua tetangga, Bukit Sandeh berbatasan dengan hutan lindung (sebelah selatan) yang oleh warga setempat lebih dikenal dengan sebutan hutan Alas Gege. Bagi warga sekitar, Alas Gege inilah adalah oase. Dari hutan yang didominasi tumbuhan cemara pandak, cemara geseng, kopi jenis arabika dan markisa itu mengalir mata air berlimpah. Di timur Bukit Sandeh menjulang sebuah bukit kecil bernama Bukit Jambul. Bukit Hexon berpotensi menjadi areal agrowisata pertama di Kabupaten Buleleng bahkan propinsi Bali. Di sekitar kawasan Bukit Hexon ada sumber air panas, jalur veteran (pejuang) dari arah Kintamani sekitar 10 km, jalur tembus menuju Danau Buyan dan ada potensi tracking hutan belantara.

Bukit seluas 8 hektar itu awalnya milik Pan Sringin, warga desa setempat. Ia menjual kepada Pak Edi, seorang keturunan Cina asal Singaraja untuk ditanami tumbuhan kopi jenis arabika. Pada tahun 1997, Bukit Sandeh dibeli Gede Sandi, pensiunan PNS untuk dijadikan areal peternakan sapi Bali. Letaknya memang terpencil dan sangat cocok untuk kegiatan peternakan. Tanahnya yang subur bisa ditanami berbagai jenis rumput atau pakan ternak. Gede Sandi mendirikan sebuah kandang sapi yang masih berdiri tegak hingga kini. Pada November 2006, Gede Sandi menjual Bukit Sandeh kepada perintis pertanian organik berbasis Teknologi Effective Microorganisms (EM) di Indonesia, Gede Ngurah Wididana alias Pak Oles.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Blog Stats

  • 68,260 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: