Catatan Kenangan Beny Uleander

Air Mengalir Ke Tempat Yang Rendah

Posted on: Senin, 7 Januari, 2008

Keseriusan Pak Oles menggarap Bukit Hexon berbuah senandung harapan tentang industri kerakyatan dari dan di desa. Harapan tersebut membuncah di dada warga Desa Pegadungan, Sukasada, Buleleng ketika Pak Oles membentuk tim ekspedisi kecil yang melakukan survey dan eksplorasi sumber mata air yang berasal dari Alas Gege, sebuah hutan lindung di selatan Bukit Hexon. Air sebagai prasyarat utama memulai sebuah usaha apa saja. Berbekal teknologi alam ”air mengalir ke tempat yang rendah”, tim survey bersorak gembira karena lokasi mata air lebih tinggi dari Bukit Hexon. Sebuah keberuntungan dan berkah yang tak terduga.

Selanjutnya, warga setempat dilibatkan dalam pembuatan saluran air untuk kebutuhan Bukit Hexon dan warga sekitar. Saluran air sepanjang 1,6 km tersebut menghabiskan 400 batang pipa berukuran 1,5 dim dan 200 batang pipa berukuran 1 dim. Suplai listrik didapat dari Banjar Mertasari sejauh 1 km.

Itulah kilas balik pembangunan fisik di Bukit Hexon yang lahir dari rahim idealisme merajut pembangunan dari dan di desa merambah kota. Visi yang dipertaruhkan Pak Oles sangat elegan. Mata rantai industri harus dibangun di dan dari desa-desa, bukan di dan dari kota ke kota-kota berikutnya. Prof Dr Marwah Daud, pernah menilai konsep pembangunan yang dilakukan Pak Oles merupakan langkah brilian di tengah lalu lintas wacana dan teori pembangunan ekonomi kerakyatan. Kebenaran dan ketangguhan sebuah visi siap diuji dalam perjalanan waktu. Bukit Hexon pun menjadi salah satu mosaik semboyan Membangun Desa, Membangun Bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Blog Stats

  • 68,077 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: