Catatan Kenangan Beny Uleander

Uganda Miliki Potensi Lebah Yang Besar

Posted on: Jumat, 21 Desember, 2007

Uganda merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Memiliki potensi pengembangan perlebahan yang sangat luar biasa, terutama di sebelah barat di propinsi Masindi District, Mid Western Uganda. Dari budidaya lebah, mampu menambah penghasilan petani di pedesaan. Jika dikelola serius usaha ini dapat membantu pemerintah Uganda memerangi kemiskinan.
Potensi ini diketahui pasca ada penelitian dari Organisation National Agriculture Resaerch Organisation Uganda (ONAROU) pimpinan Robert Kajobe. Menurutnya, berbagai penelitian terus dilakukan untuk pemeliharaan lebah sehingga akan menghasilkan kualitas dan kuantitas produk yang unggul. ‘’Sekarang produk perlebahan Uganda banyak terdapat di sebelah barat Uganda tepatnya di wilayah Masindi yang banyak pakan lebah,’’ katanya.
Persoalan yang sering dihadapi para petani, menurut Kajobe adalah sekitar permodalan, dan biaya sosialisasi perlebahan karena masih banyak kualitas madu yang berkualitas buruk. Karena itu, perkelahan Uganda terus memberi sosialisasi seputar budidaya lebah sesuai standar yang benar seperti pemeliharaan, panen, proses dan menyimpan produk perlebahan.
‘’Jika cara yang digunakan secara benar dan petani memiliki fasilitas yang lengkap untuk membudidayakannya, perlebahan Uganda akan cepat berkembang dan memiliki mutu dan kualitas yang baik,’’ katanya.
Republik Uganda merupakan sebuah negara di Afrika Timur. Negara yang mendapat julukan Mutiara Afrika oleh Winston Churchill ini berbatasan dengan Kenya di sebelah timur, Sudan di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, Rwanda di barat daya, dan Tanzania serta Danau Victoria di selatan. Nama negara ini berasal dari kerajaan Buganda yang wilayahnya dahulu mencakup bagian selatan Uganda.
Uganda terbagi kepada 70 distrik, walaupun tak berpantai, Uganda mempunyai beberapa danau besar, seperti Danau Victoria, danau Albert,danau Kyoga dan danau Edward. Negeri ini terletak di plateau Afrika Timur, 900 m dpl. Umumnya Uganda beriklim tropis, tapi ada juga variasi. Uganda miliki beberapa pulau di danau Victoria. Kota-kota terpenting terletak di selatan dekat danau Victoria termasuk ibukota Kampala dan kota di dekatnya, Entebe. Uganda dibagi atas empat daerah administratif; utara, timur, sentral dan barat dengan nama menurut kota terbesar. Misalnya kota Kampala terletak di distrik Kampala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Desember 2007
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 68,180 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: