Catatan Kenangan Beny Uleander

Perancis: Jadikan Lebah Pengawal Lingkungan

Posted on: Jumat, 21 Desember, 2007

Karena lebah dianggap binatang yang mampu membantu kehidupan manusia dalam bidang pertanian, Union Nationale deI’Apiculture Francaise (UNAF) sebagai organisasi perlebahan Perancis mendukung penuh program budidaya lebah di negara Eropa Barat tersebut. Bahkan pemerintah Perancis menjadikan lebah sebagai ikon lingkungan.
Sebagai binatang yang dapat membantu penyerbukan tanamana pangan, maka selain sebagai lebah dikenal luas sebagai Pengawal Lingkungan, juga eksistensi dan perkembangannya diberi ruang hidup yang dianggap sangat penting. UNAF juga membuat kampanye dan promosi di majalah Abeilles et Fleurs milik serikat pekerja Perancis. dalam majalah itu, anggota serikat pekerja bisa mengetahui lebih banyak tentang lebah madu dan dunia perlebahan. UNAF sendiri mewakili Perancis di APIMONDIA yang merupakan induk organisasi perlebahan di seluruh dunia.
Produk lebah madu digunakan untuk keperluan industri kesehatan dan kosmetik serta produk alami lain. Bagi masyarakat Perancis, madu dijadikan makanan suplemen untuk menunjang kesehatan. Perancis merupakan negara yang terletak di Eropa Barat dengan wilayah terdiri dari berbagai pulau. Perancis Metropolitan membentang dari Laut Tengah sampai Selat Inggris, dan dari Sungai Rhein sampai Samudera Atlantik.
Di daratan, Perancis dibatasi Belgia, Luxemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra dan Spanyol. Perancis dan Inggris dihubungkan Terowongan Channel yang menembus dasar Selat Inggris. Di luar wilayah metropolitan, Perancis berbatasan dengan Brasil, Suriname dan Antillen Belanda.
Perancis terkenal dengan dunia adibusana (fashion), roti, anggur, musik, kereta api super cepat (TGV) dan resor-resor ski di Pegunungan Alpen, dekat perbatasan Swiss. Nama Perancis mewarisi nama sebuah kerajaan Jermanik yang wilayahnya pernah mencakup daerah tersebut pasca runtuhnya Kekaisaran Romawi yaitu Kerajaan Franka.
Wilayah utama Perancis terletak di daratan Eropa Barat dan ditambah wilayah lain di Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan, Samudra Hindia bagian selatan, Samudra Pasifik dan Antartika. Teritori tersebut memiliki berbagai bentuk pemerintahan dari département d’outre sampai Pays d’outre-mer.
Lansekap Perancis Metropolitan sangat beragam. Di bagian utara dan barat, terdapat pesisir. Di bagian tenggara ada Pegunungan Alpen, dan Pegunungan Pirenia di barat daya, di samping dataran tinggi lainnya seperti Massif Central, Pegunungan Jura, Vosges dan Arden. Di Alpen sendiri terdapat titik tertinggi di Eropa Barat yakni Mount Blanc setinggi 4.810 meter. Perancis sendiri memiliki Sungai Loire, Rhône, Garonne dan Seine.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Desember 2007
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Blog Stats

  • 68,260 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: