Catatan Kenangan Beny Uleander

BAB VI: MADU RACIKAN PAK OLES

Posted on: Jumat, 21 Desember, 2007

OLEH: BENY ULEANDER
Dr Ir GN Wididana, M.Agr dikenal sebagai pionir pertanian organik berbasis teknologi Effective Microorganisms (EM) di Indonesia. Selain bergerak di bidang pertanian, pria kelahiran Buleleng 9 Agustus 1962 ini merambah bidang kesehatan dengan ikon Ramuan Pak Oles yang dipasarkan PT Karya Pak Oles Tokcer berpusat di Bali.
Teknologi EM pertama kali ditemukan Prof Teruo Higa dari University of Ryukyus Okinawa, Jepang. Kemudian Prof Higa bersama Wididana melakukan penelitian, membuat buku dan menyebarkan informasi mengenai penggunaan mikroorganisme yang menguntungkan (EM) untuk mengurangi residu kimia.
Dari teknologi tradisional yang diproses melalui fermentasi EM, pria yang diakrabi Pak Oles ini memproduksi Minyak Oles Bokashi dalam skala besar –sebuah produk kesehatan yang multi khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti wasir, salah urat, alergi kulit, kudis, kurap, penyakit dalam hingga meningkatkan vitalitas seks.
Pak Oles juga meracik berbagai produk madu. Madu Geruh untuk meningkatkan stamina, Madu Sekar untuk menjaga berat badan ideal, Madu Rocky untuk menetralisir nikotin, Madu Jamur untuk menurunkan kolesterol dan asam urat, Madu Pollen (Malen) untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan Pasta Serbuk Sari Sekar (Pollen) agar awet muda. Aneka produk madu tersebut dikemas dalam dua ukuran: 110 ml dan 375 ml dan sudah merambah pasar di DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, NTB, Sulawesi Selatan dan Bali.
Madu asli yang sebelumnya dianggap sebuah barang langka di pasaran karena sulit ditemukan, image tersebut sirna dan terkubur dengan adanya aneka madu Ramuan Pak Oles. Terbukti, redaksi Koran Pak Oles setiap minggu menerima masukan dari suara konsumen maniak Ramuan Pak Oles dari berbagai propinsi di Indonesia. Mereka umumnya menyatakan (testimonium), penyakit yang mereka derita sembuh berkat konsumsi salah satu madu racikan Pak Oles.
Untuk pengadaan bahan baku madu, sejak tahun 1997, PT Karya Pak Oles Tokcer sudah menjalin kerja sama dengan Koperasi Usaha Perlebahan Indonesia. Madu yang berhasil dipasarkan setiap bulan mencapai 10 ton. Pada tahun 2003, berkat ketekunan dan keseriusan Pak Oles dalam bidang pemasaran madu, Koperasi Usaha Perlebahan Indonesia memberikan tanda penghargaan kepada Pak Oles.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Desember 2007
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 68,180 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: