Catatan Kenangan Beny Uleander

Merenda Generasi Impian Dalam Rahim Fakta

Posted on: Kamis, 8 September, 2005

Judul: Politik & Korupsi Sebuah
Penulis: Dr Ir GN Wididana, M.Agr
Kata Pengantar: Albert Kin Ose M
Tebal: xii + 192 hal
Cetakan Perdana: Agustus 2005
Penerbit: Pak Oles Centre
Percetakan: PT Antar Surya Jaya Surabaya

Telah beredar kumpulan percikan pemikiran Dr Ir GN Wididana, M.Agr yang dimuat dalam rubrik Politikone, dwi mingguan Koran Pak Oles dengan tebal 212 halaman. Buku berjudul Politik & Korupsi menampilkan aneka gagasan yang dikristalkan dalam tiga segmen kehidupan kehidupan bangsa yaitu pembangunan, korupsi dan politik.

Kumpulan tulisan Wididana bukan sebuah tulisan analitik teoritis atas perilaku koruptif atau kekuasaan yang cenderung korup. Isi tulisan berupa ungkapan keprihatinan atas persoalan-persoalan aktual yang dialami bangsa seperti praktik korupsi di kalangan birokrat dan politisi, kemiskinan, kemerosotan pendidikan dan sikap maupun mental generasi saat ini yang hedonistik, konsumtif dan instan.

Di balik kumpulan percikan pemikiran penulis, pembaca bisa menemukan gagasan sederhana tentang apa yang harus dilakukan agar kesalahan yang sama tidak terulang. Meski dalam litani-litani wacana tetapi suatu sumbangsih pemikiran yang berangkat dari kejelian nurani mengurai ide dalam rahim-rahim fakta. Penuturan penulis adalah kumpulan nilai yang memberi pembaca kaki untuk berjalan dan bertindak dalam bingkai reflektif, terutama para wakil rakyat agar benar-benar membawa ‘perut, telinga, mulut, mata dan hati’ rakyatnya.

Dalam artikel-artikelnya, penulis membeberkan fakta secara lugas disertai tawaran penyelesaian alternatif ataupun menunjuk kembali kiblat pembangunan dan orientasi manusia menuju pertumbuhan dan kesejahteraan. Penulis memberikan kritik dan dorongan moral kepada rakyat dan pemerintah agar terus-menerus saling memperbaiki diri dalam melaksanakan pembangunan untuk generasi sekarang dan generasi yang akan datang. Bagaimanapun juga, pertumbuhan bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya.

Penulis menyimpan kerinduan lahirnya generasi impian yang kreatif dan korektif yang berakar pada kebudayaan leluhur. Generasi yang berupaya menggali potensi diri dengan belajar dan bekerja keras. Kualitas SDM sangat menentukan perjalanan dan nasib bangsa, baik dalam proses perjuangan maupun saat mempertahankan prestasi. Bangsa yang apatis dan menyerah kalah menuju suatu kehancuran.

Ada sinyalemen bahwa generasi saat ini kagum terhadap budaya, SDM, modal, teknologi dan menejemen asing. Sementara kemampuan berdikari dilecehkan dan segala prestasi dari kearifan lokal yang telah dicapai para generasi pendahulu diabaikan. Kelemahan dan kegagalan prestasi selalu dilihat sebagai keterbatasan diri dalam hal permodalan. Padahal kreativitas, inovasi dan keberanian diri merupakan modal dasar merintis pembangunan negeri ini. (Beny Uleander/KPO EDISI 89/OKTOBER 2005)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2005
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Klik tertinggi

  • Tak ada

Blog Stats

  • 68,077 hits

WITA

obj=new Object;obj.clockfile="8009-red.swf";obj.TimeZone="Indonesia_Denpasar";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);
%d blogger menyukai ini: